Jumat, 05 Juni 2015

PEMODELN DAN MANAJEMEN MODEL SPK

Pemodelan Dalam MSS.
Salah satu contoh DSS, yaitu dari Frazee Paint.Inc. memiliki 3 jenis model:
1. Model statistik (analisis regresi), digunakan untuk mencari relasi diantara variabel. Model ini merupakan preprogram dalam tool software pengembangan DSS.
2. Model Finansial untuk pengembangan laporan pemasukan dan proyeksi data finansial untuk beberapa tahun. Model ini semi terstruktur dan ditulis dalam bahasa khusus DSS yang disebut dengan IFPS.
3. Model Optimasi yang dibuat menggunakan model management science yang disebut pendekatan Lenier Programming dalam rangka menentukan pemilihan media. Untuk menggunakan model ini, DSS perlu antarmuka untuk berhubungan dengan software yang lain.

Berbagai aspek dalam pemodelan diantaranya adalah:
  • Identifikasi masalah dan analisis lingkungan
  • Identifikasi variabel
  • Perkiraan (forecasting)
  • Model
  • Manajemen Model
Model Statis dan Dinamis
  • Analisis statis, model statis mengambil satu kejadian saja dalam suatu situasi. Selama kejadian tersebut semuanya terjadi dalam 1 interval, baik waktunya sebentar atau lama. Diasumsikan adanya stabilitas disini.
  • Analisis dinamis, Model dinamis digunakan untuk mengevaluasi skenario yang berubah tiap saat. Model ini tergantung pada waktu. Dapat menunjukkan tren dan pola pada waktu tertentu.
Pohon Keputusan.
Alternatif penampilan tabel keputusan adalah pohon keputusan. Pohon keputusan memiliki 2 keuntungan: pertama, menggambarkan secara grafis hubungan dari masalah, dan kedua, dapat berhubungan dengan situasi yang lebih kompleks dalam bentuk yang lebih kompak (misal masalah investasi dengan periode waktu yang lebih banyak).
Metode mengatasi resiko yang lain.
Misalnya: simulasi, certainty factors, dan fuzzy logic.
Optimasi dengan Pemrograman Matematis.
Digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah manajerial, untuk mengalokasikan resources yang terbatas (misal tenaga kerja, modal, mesin, atau air) diantara sekian banyak aktivitas untuk mmengoptimalkan tujuan yang ditetapkan.

Karakteristik.
  1. Sejumlah tertentu resources ekonomi tersedia untuk dialokasi
  2. Resources digunakan dalam produksi psoduk atau service
  3. Ada 2 atau lebih cara bagaimana resources digunakan. Masing-masingnya disebut dengan solusi atau program
  4. Setiap aktivitas (produk atau service) dimana resources digunakan disitu memberikan hasil tertentu sesuai tujuan yang telah ditetapkan
  5. Pengalokasian ini biasanya dibatasi oleh berbagai batasan dan kebutuhan yang disebut dengan constraints (batasan)
Asumsi
  •  Hasil dari berbagai alokasi yang berbeda dapat dibandingkan, sehingga, mereka dapat diukur dengan unit yang sama (seperti dolar atau utilitas)
  • Hasil dari berbagai alokasi berdiri sendiri dibandingkan dengan alokasi yang lain.
  • Hasil total adalah penjumlahan dari semua hasil yang diperoleh dari aktivitas-aktivitas yang berbeda.
  • Semua data diketahui dengan certainty
  • Resources digunakan menurut perilaku ekonomi

Tidak ada komentar: